Minggu, 07 Maret 2010

HAKIKAT KESUKSESAN

بسم الله الرّحمان الرّحيم
Oleh: Dodi Setiadi
Aku merenungkan kembali hakikat kesuksesan. Dari waktu ke waktu, aku berkontemplasi. Dalam kontemplasi tersebut aku teringat salah satu ayat Al-Qur’an , yaitu surat Alam Nasyrah (94): 5-8. Aku mulai membuka kitab tafsir yang sempat kutinggalkan beberapa waktu yang lalu. Aku membaca kitab “Sofwaah At-Tafaasiir” karya Syaikh Muhammad Ali As-Shobuni (Guru Besar Jaami’ah Malik ‘Abdu Al-Aziz Kuliyyah As-Syari’ah wa Ad-Diroosaat Al-Islaamiyyah Makkah Al-Mukarromah). Ketika menafsirkan surat Alam Nasyrah (94): 5-8 tersebut, beliau menjelaskan:
(Fainna ma’a al-yusri yusran/karena sesungguhnya setelah kesulitan tersebut ada kemudahan) maksudnya adalah setelah kesempitan akan datang kelapangan dan setelah kesukaran akan muncul kemudahan dan jalan keluar (solusi). Para ahli tafsir berpendapat: “Rasulullah SAW. dan para sahabatnya ketika berada di Mekkah mereka diliputi kesempitan dan kesukaran. Hal itu disebabkan oleh gangguan orang-orang musyrik kepada Rasul dan orang-orang yang beriman. Maka Allah berjanji kepada Rasulullah bahwa Dia akan mendatangkan kemudahan bagi Rasulullah dan orang-orang yang beriman, sebagaimana Allah telah memberikan banyak nikmat kepada Rasulullah dalam awal surat (lihat ayat 1-4). Berbagai macam nikmat tersebut merupakan sesuatu yang menyenangkan hati bagi Rasulullah, mampu mengobati dirinya, serta mampu mengukuhkan atau menguatkan harapannya”. Seolah-olah Allah berfirman: “Sesungguhnya Dia (Allah) telah memberikan nikmat kepadamu (Muhammad) dengan berbagai nikmat yang sangat besar. Allah akan menolongmu dari musuh-musuhmu, memenangkan urusanmu, serta menggantikan kesulitanmu ini dengan kemudahan dalam waktu yang dekat”. Oleh karena itu, Allah mengulangi janjinya secara berlebihan. Allah berfirman (Inna ma’a al-yusri yusran/sesungguhnya setelah kesulitan itu ada kemudahan) maksudnya adalah akan datang kelapangan setelah kesempitan, akan datang juga kemudahan setelah kesulitan. Oleh karena itu, janganlah kamu bersedih hati dan jangan juga kamu berkeluh kesah (cemas)! Dalam suatu hadits disebutkan (Lan yaghliba ‘asrun yusriina/Kesulitan itu tidak akan pernah mengalahkan kemudahan)-HR. Hakim & Baihaqi-. (Fa idzaa faragta faansob/Maka apabila kamu telah selesai dari suatu urusan, kerjakanlah dengan sungguh-sungguh urusan yang lainnya) maksudnya adalah Wahai Muhammad, jika kamu telah menyelesaikan atau menyampaikan dakwah kepada makhluk (manusia), maka selanjutnya bersungguh-sungguhlah kamu untuk beribadah kepada Tuhan dan jika kamu telah menyelesaikan urusan dunia, maka selanjutnya sibukanlah dirimu untuk mencari akhirat. (Wa ilaa rabbika faarghob/Dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap) maksudnya adalah jadikanlah kepentinganmu dan kehendakmu selalu berada di sisi Allah, dan janganlah sebaliknya, kamu menjadikan keduanya di sisi dunia yang fana ini. Ibnu Katsir berkata: “Maksudnya adalah jika kamu telah menyelesaikan urusan dunia dengan segala kesibukannya, maka selanjutnya lakukanlah ibadah. Dirikanlah olehmu ibadah dengan penuh kegembiraan dan penuh perhatian serta niatkanlah dengan ikhlas kepada Tuhanmu seraya penuh pengharapan”. (Muhammad Ali As-Shobuni, Sofwah At-Tafaasir, Vol. III, Beirut: Maktabah Al-Ashriyyah, 2006, hlm. 1515)
Dengan demikian hakikat kesuksesan itu adalah terjadinya keseimbangan antara urusan dunia dan akhirat (occurs balance between world affairs and hereafter affairs). Dalam terma Imam Al-Ghazali (سعيد فى الدّنيا و سعيد فى الأخرة/sukses di dunia dan akhirat). Orang sukses adalah orang yang selalu melibatkan Allah dalam segala aspek kehidupannya. Beruntunglah jika kita termasuk orang sukses. Mudah-mudahan kita menjadi orang sukses, baik di dunia maupun di akhirat kelak. Amin…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar